RSS

Beberapa Contoh Mind Map dan Manfaatnya

Beberapa Contoh Mind Map dan Manfaatnya
Seperti yang saya postingkan artikel sebelumnya, Mind Mapping adalah salah satu metode terbaik untuk mengoptimalkan kemampuan belajar dan memahami bagaimana beberapa elemen saling terhubung. Menurut Tony Buzan (sang pengembang), beliau mengartikan Mind Map sebagai suatu teknik mencatat yang menonjolkan sisi kreatifitas sehingga efektif dalam memetakan pikiran (Tony Buzan dan Barry, 2004).

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari penggunaan Mind Map diantaranya :
1.  Mempercepat Kemampuan Kita dalam Belajar
     Dengan konsep kerja sesuai dengan cara pikir masing-masing otak kita, hal ini membuat kita                          menjadi lebih cepat dalam mengakses informasi.
2.   Secara Langsung dapat Melihat Hubungan Antar Mata Pelajaran 
3.  Membantu Meningkatkan Kemampuan Kita dalam Menginga Dengan pembuatan Mind Map                        yang diringkas dalam bentuk simbol, gambar, garis, warna, ataupun yang lainnya, serta atas hasil                    catatan khas dari masing-masing diri kita, hal tersebut memudahkan kita dalam mengingat suatu                      memori.
4.   Meningkatkan Kreatifitas Kita
                 Dalam pembuatan Mind Map yang memodifikasi bentuk simbol, garis, warna, atau lainnya, kita                    secara tidak sadar dituntut untuk membuat Mind Map semenarik mungkin agar kita sendiri mudah                  dalam mengingat dan memahaminya.

Berikut beberapa contoh mind mapping tentang arsitektur :


Seperti yang terlihat diatas, dengan adanya variasi warna, gambar, line, atau pun yang lainnya hal ini membuat mind Map ini menarik untuk dibaca, serta mudah untuk dipahami.



Mind map yang satu ini terlihat simple tapi menarik dengan adanya tambahan gambar dengan variasi warna.


Mind Map diatas menjelaskan mengenai Arsitektur dalam hal future, axample, how, ataupun yang lainnya. Percabangan seperti ini membuat materi menjadi sederhana, karena hanya point-point penting saja yang dicantumkan.


Mind Map diatas menjelaskan tentang Architecture and Design. Dalam Mind Map ini terlihat bebarapa Line dengan berbagai variasi warna, selain membuat mind map ini menjadi lebih menarik, Line ini juga mempermudah dalam pemahaman membaca Mind Map tersebut.

Itu semua adalah beberapa contoh Mind Map yang cukup menarik, yang mungkin bisa dijadikan referensi Anda dalam membuat Mind Map sendiri. 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar atau Saran Anda dibawah ini :)
SEMANGAT BRO :D