PERENCANAAN SARANA PRASARANA PERMUKIMAN KELURAHAN SRONDOL KULON RW VII Tahun 2014-2024

PERENCANAAN SARANA PRASARANA PERMUKIMAN KELURAHAN SRONDOL KULON RW VII Tahun 2014-2024

1.      Pendahuluan
a.      Latar Belakang
Rumah yang menjadi kulit ketiga dari manusia sudah mejadi suatu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Manusia membutuhkan rumah tidak hanya untuk melindungi diri dari cuaca maupun binatang buas namun juga sebagai tempat beraktifitas, beristirahat dan berkumpul dengan anggota keluarga. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin cepat, maka kebutuhan akan rumah meningkat juga. Kebutuhan rumah yang semakin meningkat menyebabkan perlu adanya pengaturan atau penataan dalam hal perumahan maupun pemukiman.
                Seperti halnya di Kabupaten Semarang, tepatnya Kelurahan Srondol Kulon RW VII, Banyak rumah yang kurang adanya penataan/pengaturan permukiman yang baik, terutama dalam hal sarana maupun prasarananya.
Kondisi pemukiman yang berantakan dan tidak sesuai standar dapat menyebabkan berbagai permasalahan mulai dari permasalahan sosial, pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Karena kurangnya sarana prasarana yang mendukung interaksi antar warga akan menimbulkan konflik sosial di masyarakat. Oleh karena itulah perlu adanya suatu perencanaan sarana prasarana pemukiman di kelurahan Srondol Kulon RW VII tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS